Kamis, 14 Maret 2013

Emas Tertekan Oleh Optimisme Ekonomi AS

https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQVJOFp9YQ2RBN8Z8clBDCAbU9TLsKcDpIRaknlFAlD0LEdULTf
Emas Mengalami Penurunan Pada Hari Rabu, setelah laporan penjualan ritel AS yang kuat mendorong optimisme tentang ekonomi AS dan setelah harga gagal melampaui $1,600 per ounce untuk kedua kalinya, mendorong pelaku pasar mengurangi posisi bullion.

Bullion kemudian berbalik lebih rendah setelah gagal menembus di atas $1.600 untuk hari kedua. Tertinggi tujuh bulan pada indeks dollar dan kenaikan di ekuitas AS juga menekan daya tarik safe-haven emas.

Spot emas turun 0,2% pada $1,587.40 per ounce pada penutupan sesi Rabu, setelah sebelumnya mencapai tertinggi dua minggu pada $1,598.60. Emas berada di bawah tekanan setelah data menunjukkan penjualan ritel AS meningkat pada laju tercepat dalam lima bulan pada bulan Februari. Laporan ini datang setelah kenaikan kuat dalam data pekerjaan dan manufaktur, meningkatkan peluang Federal Reserve dalam menghentikan pembelian obligasi lebih awal dari estimasi.

Di akhir sesi, Wall Street Journal, mengutip sumbernya, mengatakan regulator derivatif AS memulai diskusi internal guna menyelidiki apakah ada potensi manipulasi penetapan harga harian emas dan perak di London.

Kepemilikan SPDR Gold Trust, ETF emas terbesar di dunia, turun untuk sesi keempat ke 1,236.307 ton pada 12 Maret, terendah sejak Oktober 2011. Outflow tahun ini sebesar 114.51 ton telah lebih dari menyapu bersih inflow tahun lalu sebesar 96.25 ton.

Angka ekonomi utama berikutnya datang pada hari Jumat dengan data inflasi konsumen AS. Dengan hanya perkiraan kenaikan kecil untuk ukuran Februari, analis mengatakan mungkin ada reaksi kecil terhadap laporan tersebut. Pelaku pasar juga akan mengantisipasi setiap kata dari pejabat di pertemuan kebijakan bank sentral AS minggu depan.

Keluar dari kebijakan stimulus akan menjadi pukulan besar bagi emas, yang telah tumbuh pesat pada permintaan dari investor yang membeli emas guna lindung nilai terhadap risiko inflasi dari kebijakan moneter longgar.

Meskipun prospek ekonomi yang membaik, analis memperkirakan pembelian bulanan sekuritas berbasis mortgage dan treasuries Fed senilai $85 miliar akan bertahan sampai 2013 dan ke 2014.

Untuk jangka panjang, analis melihat dukungan emas berasal dari bank sentral yang ingin melakukan diversifikasi menjauh dari mata uang, menurut sebuah laporan oleh World Gold Council.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar